Pages

Kamis, Juli 24, 2014

revolusi mental

tadi yayank cerita..
kalo hari ini dia hampir dapet "amplop" lagi dari vendor.
modusnya memakai kartu ucapan selamat idul fitri. 

yayang cerita, "mah. aku tadi dapet kartu selamat.."
"oia?"
"iya. tapi aneh.. amplop kartunya kok di lem. akhirnya aku buka. ternyata di dalemnya ada amplop lagi. isinya bendelan uang.."
"hueee? lagi? -___- kok banyak banget sih yang.. terus? sayang sempet tolak kan tapi?"
"langsung tak kejar orangnya.. tak kembalikan tapi aku nolaknya halus.."
"alhamdulillah.. loh emang ada tah yang yang nolak kasar?"
"loh ada mahh.. pas di semarang, dia marah-marah. bilang kalo : Saya ini sudah digaji banyak sama P*****A, ngga butuh saya uang itu, mending kamu kasi aja itu ke anak buah kamu yang gajinya kurang-kurang."
"waduuh.. bisa sakit hati toh ya.."
"sebenarnya ini tadi orangnya baik mah. jadi dia minta maaf gitu. aku bilang gapapa pak, cincaii antara kita aja.."
"hihi. wahh lumayan tuh ya.. bisa buat beli lipstik NYX 10 ama hura-hura di sogo"
"iya lek mamah.. hehe."
"astagirullah. amit-amit yo jeng. eh tapi jangan-jangan kamu bilang: kalo diganti wanita, saya mau pak.. jitak"
"enggakk loh mahh.. tak bilang, dalam bentuk paket umroh aja pak. wkwkwk"
"hahahhaha.. ngawutt. ilang nti pesawat kita belum umroh uda dirudal ukraina... iyaiya.. jangan yah yang. lagian ntar kalo diterima juga malah jadi negatip imej kesannya. ntar dibilang murahan, matre.. ada duit dulu baru kerja.  udah digaji banyak sek mau aja nerima uang gitu.. isin tah ama os-os..uang makasih apaan, kita harus punya harga diri yank! lain kali bilango suruh nemuin istrinya aja. ntar tak terima. loh. wkkwkwkw"
"lak podo ae.. -___-"
"hehe. lagian kok banyak banget toh yank..? untung semuanya masih bisa dibalikin ya"
"iya gara-gara orang sebelumku ini kayanya.. kalo gak dikasi, dimolor-molorin kerjaannya."
"trus dia dipindah kemana sekarang?"
"bagian QC"
"udah aman dari duit-duit gitu yah?"
"koyok e seh sama ae"
"walah.. -__-"
"mah,mah, bos-bosku kayanya dapet amplop banyak pasti"
"hemm. kayanya. hieeee, udah biarin yankk.."
pelukan.
"yang tolong ulekin sambelku.."

yayang selalu ngejar si pemberi amplop, menolak halus dan yayank bilang kalo bapak-bapak yang ditolaknya selalu berujung minta maaf. tuh kan.. berarti itu kan bukan sembarang uang makasih. mereka berpikir kalo yayank sama aja kaya pegawai yang dia gantikan.. kata yayang, harus cepet dikejar. ada orang yang ngga mau, cuman dia ngga sempet ngembalikan, akhirnya uang itu dibagi-bagikan ke pegawai os karena dia sendiri ngga mau pake. tapi kan kesannya di depan vendor, amplop itu diterima.. galau abis.. kaya aku.

kadang mikir.. di dalam setiap amplop tertolak itu ada uang yang besarnya melebihi gajiku. kita masih banyak kebutuhan.. sekarang aja masih ngekos, rumah baru beli dan itupun belum jadi tapi udah mulai potong gaji buat bayar KPR (hiks banyak banget), mobil juga belom punya, anak mau dua.. dan kita sama sekali dilepas orang tua. tapi mau gimana lagi? mungkin yang paling kita butuhkan memang perasaan syukur, damai dan ikhlas.. sesekali flashback jaman jadi buruh di cikarang, gaji seuprit hasil romusha aja kita udah hepi, tapi sekarang alhamdulillah.. jadi kenapa kita musti ngerasa kurang.. 

ibunya yayang selalu menekankan untuk menjauhi hal-hal seperti itu. hidup sederhana. bu nyai sendiri pernah cerita kalo kelakuan anak yang buruk bisa jadi berasal dari perilaku atau makanan yang ditelan ibunya. barangkali ibunya makan sesuatu yang haram hingga anaknya berperilaku buruk.. naudzubillah.. *jadi inget kebab KFC hongkong yang tak telen terus ditakut-takutin dita ama usi kalo itu babi. HAM! HAM! HAM, BACON. iku babi nes. kata usi. duh liat dagingnya merah kaya babi langsung mlukok gak napsu mau nelen.. terus kelaperan.

tapi aku sampai ngga abis pikir, aku sebulan kalo gak beli baju/sepatu baru, kok rasanya gatell banget yah. ini yayang baju ama tas ama sepatunya udah bertahun-tahun gak ganti. baru ganti kek kalo aku yang milihin. tapi dibeliin bagusan juga gak mauu make. akhirnya akuu jadi gengsi deh mauu blanja-blanja. yang kerja sapaa.. yang ngabisin duit siapa. kata yayang, soalnya kamuu cewekk.. bzzz -_- tapii yayang gak bisa hidup tanpa nonton dan njajan enak di mol! sama ae. mending buat beli palet naked3. wuuungggg~~~

Ya Allah, peluklah kami dalam kedamaianMu.. cukupkanlah rizki kami.. amin..

Tidak ada komentar: