Pages

Selasa, Juli 01, 2014

halangan berpuasa bagi wanita




بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh


jumpa lagi sama mamah nyas dimana lagi kalo bukan diiii sini.
ohohohohohoo.. *pake kaftan*

throwback a day waktu itu. diceritakan dalam sebuah kajian.. plus aku kutipkan beberapa informasi penting dari kitab Al-Quran muslimah yang covernya warna merah jambon (apaan sih nyas, pink keleuusss)
Khusus bagi wanita yang terkena uzur (halangan), diperbolehkan berbuka di bulan Ramadhan, kemudian meng-qada sejumlah hari yang telah ia tinggalkan (berbuka) karena uzur tersebut pada hari-hari di luar Ramadhan.
Adapun uzur (halangan) tersebut adalah:
1. Haid dan nifas
    Diharamkan bagi wanita yang haid dan nifas untuk berpuasa, dan wajib menggantinya (qada) di hari-hari lain di luar bulan Ramadhan. Sebagaimana hadis dari Aisyah, ia berkata "adalah kami mengalami haid lalu kami pun diperintahkan untuk meng-qada puasa dan tidak diperintahkan meng-qada salat.
2. Hamil dan menyusui 
    Bagi wanita hamil dan menyuui apabila berpuasa akan membahayakan dirinya atau bayinya atau bahkan bagi keduanya, maka wanita tersebut boleh tidak berpuasa pada bulan Ramadhan.
Untuk kasus hamil, jika bumil khawatir kesehatan dirinya, maka diperbolehkan untuk tidak berpuasa, cukup qada. tetapi jika bumil khawatir kesehatan bayinya, maka ia diharuskan untuk membayar fidyah plus mengusahakan untuk qada puasanya. gitu sih ceritanya.. alhamdulillah, saat ini aku masih puasa loh. btw gimana yang kalian tau? ayo sharing yuuk.. 

oia, tentang qada, ada juga qada solat. qada solat yang aku maksud adalah ganti solat waktu haid. tapi hanya diambil 2 jadwal solat sebelum dan sesudah haid saja. tapi aku lupa gimana aturannya. waktu itu diterangkan, tapi masih puyeng rumusnya. eh sekarang jadi lupa deh hehe.. astagfirullah hal adzim.. nanti aku sempatkan tanya lagi ke bu nyai kalo ketemu ya. ayoo ikut pengajian! *benerin turban*. beklah, sekian dan terima kasih. semoga ilmu ini bermanfaat. amin..

Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh




jingle penutup:
kabar gembira / untuk kita semua // 
kulit manggis / kini ada ekstraknya //
jadikan hari ini hari mastin //
Mastin / good // Mastin / good // Mastin / good//

Tidak ada komentar: