Pages

Rabu, April 06, 2016

pengalaman pakai KB IUD dan tipsnya!

begitu kontroversialnya pemilihan KB pada sebagian ibu membuat saya ingin berbagi pengalaman dengan kalian semua..

diunduh dari sini

sebenarnya saya ngga pingin buru-buru KB, ngebet punya anak pun ngga. well meskipun cita-cita saya sebenarnya pengen punya anak yang usianya deketan 1 sama lain sih.. tapi keinginan saya ini bertolak belakang dengan kemauan mamamer, iyaps, mamamer pengennya setelah nifas kelar langsung tancap KB. keinginan ini udah disounding sejak babies saya masih berada di dalam perut. iya bok, sampe jengah sebenarnya tiap hari diingetin buat segera pasang KB. huhuhuhuu.. karena tak tahan di sounding terus menerus, akhirnya saya pun memberanikan diri untuk pasang KB di obgyn terdekat.sekitar 40 hari setelah bayi lahir.


tips 0
PASTIKAN ANDA MEMILIH METODE KB YANG DIINGINKAN
hal ini dikarenakan banyaknya pilihan KB dan pro-cons yang berkembang di masyarakat. pilihlah yang menurut anda sesuai dan nyaman dengan tubuh anda.

gambar diunduh dari sini

tips 1
PILIH OBGYN WANITA
ngga nyaman kan kalo yang masang laki-laki? eh tapi juga jangan yang cantik-cantik amat, ntar malah suami yang pengen konsul KB.

kecuali ini.. 

tips 2
JANGAN KONTAK MATA SELAMA PROSES PEMASANGAN IUD BERLANGSUNG
awkward. karena IUD dimasukkan ke dalam vagina kita. usahakan jangan pasang ekspresi aneh, prosesnya cepat sekitar 5 menit kok. jadi, sabar ya..


tips 3
MINTALAH SUAMI / KERABAT UNTUK MENEMANI
karena setelah dipasang, rasanya linu dan agak susah buat jalan. just like baru malem pertama. makanya beberapa ahli kesehatan menyarankan untuk pasang IUD saat mens mau selesai.


tips 4
CEK BAHWA IUD YANG AKAN DIPAKAI ADALAH BARU, DAN BOX MASIH SEGEL
biasanya sih dokter/perawat/bidan akan memberitahu kalo IUD nya baru dan bentuknya seperti apa.

tips 5
KONSUL IUD
agar lebih jelas, baiknya konsul tentang macam-macam IUD, pengaruh, lama jangka pakainya, dsb. commonly, jenis spiral Nova-T yang paling popular. konsultasikan dengan jelas sebelum memilih IUD.
gambar diunduh dari sini

tips 6
OBSERVASI TUBUH ANDA PASCA PEMASANGAN IUD
beberapa orang mengalami pendarahan dan biasanya mereka tidak cocok terhadap jenis KB ini, sehingga disarankan untuk memakai IUD hormonal (which is harganya juga lumayan mehong). jangan lupa konsul setiap 6 bulan sekali minimal, untuk mengetahui letak IUD, apakah masih pada tempatnya.

tips 7
JANGAN LUPA CUKUR BAWAH SEBELUM PASANG
hahahhahaha. just in case..




sejauh ini, efek KB IUD yang saya rasakan, mungkin kadang keluar flek ya. saya ngga tau apa ini pengaruh IUD, tapi saya sudah bolak balik cek obgyn dan katanya sih IUD masih pada tempatnya. suami juga ngga pengaruh saat HB. tapi, beberapa suami teman ada yang mengeluhkan saat HB, seperti mengganggu waktu beraksi. bffftttt...

terserah apapun pilihan moms, mau KB alami, KB hormonal, KB IUD atau lainnya, keputusan tetap berada di tangan anda. yang penting jangan ada penyesalan di balik "rencana" anda. balik lagi ke niat ingin membahagiakan orang tua saya (masio loro titik gapopo) huhuhu. because, you know, my mother's smile is worth a million to me..




Tidak ada komentar: