Pages

Sabtu, Juli 12, 2014

akhirnya dia pergi..

ceritanya tentang si Irma. Irma itu sahabatnya usi mulai dari sma saaaampe sekarang. yang kalo mereka udah  ngumpul suaranya kenceng kaya spiker sunatan  dan gaak pake jeda. sometimes aku worry apa mereka ini tiap hari sarapan pisang ama bekatul. ini beo apa orang? kompak banget. bahkan pas aku ada kondangan pun, mereka bedua ngikut. berbekal amplop titipan temenku yang gak bisa datang, mereka bedua makan gratis. luar biasa memang persahabatan bekantan dengan beruk itu. 
well, suatu hari Irma dan usi datang ke seminar pendidikan luar negeri. sekalian acara sekolah promosi gitu. you know lah ya. usi bilang waktu itu mereka ogah-ogahan buat dateng,  eh ternyata pas akhir acara, diumumin kalo Irma dapet beasiswa ke UK. dan usi pun speechless, why me, she said. why meee? dan Irma pun berangkat kesana.
setelah sukses dapet beasiswa beberapa minggu ke UK itu, dan sekaligus lulus S1 duluan daripada usi (yang aku jadikan bulan-bulanan selama berbulan-bulan), Irma kerja di salah satu perusahaan media online di malang. terkenal. namanya udah gede dan banyak temenku yang udah resign juga pastinya saking gak betahnya. sementara usi masih males-malesan ngampus ngurus skripsi macetnya yanggg banyak banget alesannya, disambi kerja jadi editor online (di suatu big publisher yang kantor pusatnya di jekardah).
one day, Irma resign dari kerjaannya, klasik lah, sistem di perusahaan itu. usi sendiri juga gak betah katanya waktu magang di sana. Irma mau bantu emaknya juga yang waktu itu nyaleg jadi anggota dpr. baliho gede bok dimana-mana.  lalu apa kegiatannya? di rumah, kata usi. Irma betah banget di rumah. bersih-bersih. hemmm. lama berselang, usi lulus, Irma bagi-bagi merchandise caleg emaknya, usi dapet kerja kantoran di malang (rekomendasi mulut ke mulut temennya Irma), dan aku Tanya usi, Irma sekarang kegiatannya apa?

she said, “ Irma mau kerja di London.”. HAAAAAAAAAAAHH beneran? “iya jadi babysitter.” what? becanda kamu. iyah, kalo emaknya gak sukses nyaleg, dia mau ke London. kalo ngga yah dia ikut emaknya ke Jakarta. sama sodara-sodaranya yang seabrek. maklum, maknya unik bingit cuy. suami uda abis tiga. dan macem-macem rasnya. jadilah itu sodara”nya Irma punya muka yang unik-unik beda ras. gokil dah.
 akhirnya kenyataan pahit diterima. emaknya kalah. kalah ama rekannya 1 partai yang notabene artis DKI yang ikutan nyaleg dapil malang. katanya sih tuh artis ngamplopin. ya elah. udah terkenal, ngamplop juga. padahal aku liat mah dia promosinya gak heboh banget. gak banyak umbul-umbul gede seliweran masang muka dia.  kesian kan maknya irma. but it doesn’t matter, emaknya woles. tajir gelak bok soalnya. katanya usi sih gitu.
kepo donk eke, “si Irma jadi si, cus London?”
“jadi. ini tadi dia lagi ngurus visa.”
“emaknya taunya Irma ngapain?”
“Irma mau kerja di London, tapi ngga bilang kalo jadi babysitter”
“hweee. yakin a Irma bisa? aman tah majikannya ntar? iku London loh he guduk gondanglegi.” secara Irma ngga pake biro-biroan dan Cuma imel-imelan doank ama calon bosnya ntar.
“iyo. aku wes kepo. aman insya Allah. orang arsitek.” dan blablabla…
akhirnya d-day pun tiba. usi bilang Irma cus. abis farewell ama clbk pas jaman sd, yang menurutku ganteng siih tapi tipikal arek pecinta motor sing nggembol sampah iku lo (soale mirip ama temenku yang ganteng-ganteng cowo beut tapi genk trash bike.. *langsung ilfil, hahaha). begitulah, Irma pamit diiringi ndut sing motone mbendol nangis, CLBK jaman SDnya yang nggembol kresek bekas nasgor di sabuknya (*usi yang bilang) dan usi yang menerawang bingung jodohnya sambil meluk wallpaper big ben pemberian Irma (btw she tried to winning some writing contest held by mister patata yang hadiahnya jalan-jalan gretong ke UK, demii Irma, tapi gagal. kalah ama cerpen aneh bin ajaib. wkwk kesian sih). dan aku yang takjub betapa beraninya nyali Irma.
 
she’s young and dare. nekat ke London. pecinta London. ngga sayang meskipun harus tombok duit belasan juta buat beli tiket. bodo amat meskipun di sana ntar cuman digaji 8 juta. bodo amat dia sendirian.

lah sementara akyuh? ibarat kambing yang kakinya dirantai. ngga bisa maju-maju. nah tapi yang ngiket yaaaa aku sendiri. buauahahahha ngga berani qaqaaa. aku inget banget waktu SMP, pernah dapet promo besiswa ke aussie, trus SMA lolos ikut seleksi awal buat besiswa ke jepang, dari SMA bahkan cuman ada 4 orang yang ngajuin yang lolos, eh tapi aku gak belajar pas tes tulis, jadinya gagal. susah banget soalnya.. hwah. tapi alesan mendatar dari itu semua adalah.. you know kan kalo besiswa itu gak gretongtongtong, kita musti tetep nyediain budget buat ini itu admin dsb. itulah yang aku takutkan. gak berani minta duit ke emak. dasar pas itu emang aku narrowminded, emakku taunya gratis yah gratistissssstistis. jadilah di benakku yang cetek ni tertancap besiswa = gretongtongtong. kenyataannya? kenyataannya aku baru tau pas kerja (busettt, oon total). banyak temen yang resign trus lanjut besiswa ke luar negeri, atau temen kerja mantan alumnus pertukaran pelajar luar negeri, semuanya cerita, kalo besiswa itu sistemnya emang sekolah lebih murah atau ada yang gratis, tapi tetep kita harus ready budget juga. ohmaigoat. tertohok donk. huhuhuhuuuu..
oia, sama kaya Irma, aku juga punya temen di tempat kerja dulu, jadi ceritanya dia lulusan antropologi trus dia suuka banget sama korea, akhirnya abis lulusan, dia nekat daftar biro TKW buat kerja di pabrik tahu di korea. iyaa, pabrik tahu. biro TKW  yah sama aja sistemnya, ente bayar dulu berjuta-juta baru dikirim.. tapi semua itu menjadi worth it karena pengalaman yang bakal didapatkan. because they went to pursue their dream, bukan karena keterpaksaan.

well, sekarang? unfollow akun informasi besiswa luar negeri, menikmati masa mau jadi emak. iklas wae urang mah. karena bahagia itu sederhana. banyak jalan menuju roma kan ya.. ntar pecut anak-anakku ahh buat jadi pemberani hahahhaha… trus mintain duitnya buat beli hermes di italy.. #dirantai_suami

Tidak ada komentar: